depok.go.id – Rumput laut merupakan salah satu dari tiga komodasi utama revitalisasi perikanan yang memiliki kandungan serat pangan sangat tinggi. Hal ini yang membuat rumput laut banyak digunakan sebagai bahan dasar berbagai makanan olahan.

Balai Besar Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Perikanan dan Kehutanan Republik Indonesia saat ini menghasilkan beberapa inovasi produk yang terbuat dari bahan dasar rumput laut. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya produk yang dipamerkan pada acara Gelar Produk Perikanan Bernilai Tambah beberapa waktu lalu.

“Kami membuat berbagai inovasi baik alat, makanan olahan, maupun produk lain dengan berbahan dasar hasil perikanan, termasuk rumput laut ini,” tutur Kepala BBP2HP Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Perikanan dan Kehutanan Republik Indonesia, Rahma Hayati Samik Ibrahim.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa rumput laut ini sangat baik digunakan sebagai bahan dasar berbagai olahan. Adapun inovasi yang sudah diciptakan antara lain beras rumput laut, pai rumput laut, masker rumput laut, lotion rumput laut, sabun rumput laut, pilus keju rumput laut, ice cream rumput laut, serta kertas rumput laut.

Dihasilkannya beberapa olahan berbahan dasar rumput laut ini, Rahma berharap masyarakat semakin menyadari bahwa hasil perikanan dapat dimanfaatkan menjadi makanan atau produk yang dapat dinikmati, sehingga nantinya mereka dapat melakukan hal serupa sebagai upaya mengembangkan olahan hasil ikan agar memiliki nilai tambah.

“Semoga ini dapat menjadi contoh kepada masyarakat dalam melakukan pemanfaatan olahan hasil perikanan, karena negara kita ini memiliki hasil perikanan yang cukup besar,” tutupnya seraya berpesan. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :