depok.go.id – Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Agus Gojali, mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pendampingan jika ada masyarakat yang positif terkena HIV. Dilakukannya hal tersebut sehubungan dengan akan dilaksanakannya tes HIV secara gratis pada Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember mendatang.

“Bila usai pemeriksaan ditemui ada masyarakat yang mengidap HIV, tindak lanjut dari kami akan dilakukan pendampingan,” tuturnya, Senin (23/11/2015)

Agus melanjutkan, apabila seseorang tersebut positif HIV maka akan dilakukan pemeriksaan CD4 ke Prodia. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat sistem kekebalan tubuh, menunjukkan tahap infeksi HIV, memandu pengobatan, dan memprediksi perkembangan penyakit dalam tubuh penderita.

Setelah melakukan pemeriksaan, Dinkes akan mempersiapkan Terapi Antiretroviral (ART). Pada proses terapi ini, nantinya para penderita akan didampingi oleh teman-teman dari Kelompok Dampingan Sebaya (KDS) yang terdiri dari LSM atau kader yang sudah terlatih. Para pendamping yang tergabung dalam KDS tersebut, notabenenya mengidap HIV positif.

“Penderita HIV yang masih baru umumnya syok dan bingung apa yang harus dilakukan. Maka jika ada pendampingnya akan merasa terbantu, terlebih mereka sudah pernah mengalami hal serupa,” tambah Agus.

Terakhir, lelaki yang kerap disapa dokter ini berharap, jika ditemui penderita HIV, nanti dapat mengikuti pendampingan yang diberikan Dinkes Kota Depok. Hal tersebut dilakukan agar penderita yang mengidap virus yang belum ada obatnya itu, agar tidak putus asa dan terus melanjutkan hidup sebagaimana manusia normal pada umumnya. (Indri/Ed: Faizal Satrio – Diskominfo)

Bagikan post melalui :