komisi penanggulangan aids kota depokdepok.go.id – Pemerintah Kota Depok melalui Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Depok bersama Dinas Kesehatan Kota Depok akan melaksanakan tes HIV secara gratis bagi masyarakat di Kota Depok. Kegiatan tersebut akan dilakukan bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember mendatang.

Advokasi Sekretariat KPA, Wimbo Asmoro, mengatakan bahwa kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya atas dasar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dan World Health Organization (WHO). Setiap tahunnya, pelaksanaan kegiatan ini diberikan kepada instansi yang berbeda-beda. Adapun untuk tahun ini ke Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, sebelumnya diberikan kepada Kementerian Kehakiman Republik Indonesia.

“Karena yang ditunjuk adalah Kementerian Perhubungan, maka untuk di Kota Depok leading sektoc pelaksanaannya kita serahkan kepada Dinas Perhubungan Kota Depok,” tuturnya, Senin (23/11/2015).

Tes HIV akan dilakukan dengan metode mobile VCT di beberapa lokasi. Lokasi yang digunakan yaitu Poli Pemda, Terminal Depok, ITC Depok, Stasiun Depok Baru, serta Pasar Tugu Palsi Gunung. Tes akan dimulai pukul 8 hingga selesai dan ditargetkan sebanyak 1000 masyarakat dapat mengikuti tes tersebut.

Pada pelaksanaannya, sebelum pemeriksaan dilakukan pihak Dishub akan melaksanakan apel pagi di Terminal Depok. Selanjutnya mereka akan memberikan leaflet berupa pengumuman kepada masyarakat yang sedang bertransportasi. Senada dengan hal itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kota Depok, Agus Gojali, menambahkan saat melakukan pemeriksaan mobile VCT yang sudah rutin dilakukan oleh Dinkes Kota Depok ini akan  melalui beberapa tahap. Pertama akan dilakukan konseling mengenai HIV/AIDS. Selanjutnya, masyarakat akan diperiksa dengan pengambilan darah. Untuk hasil pemeriksaan akan keluar saat itu juga.

“Setelah melakukan pemeriksaan, masyarakat dapat langsung memperoleh dan mengetahui hasilnya,” tuturya.

Adanya kegiatan ini diharapkan KPA dapat benar-benar menanggulangi HIV/AIDS di Kota Depok. Tentunya dengan melakukan penanggulangan yang dimulai dari pencegahan dan selanjutnya melakukan intervensi sejak dini agar daya tahan tubuh penderita HIV dapat stabil. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :