depok.go.id – Seiring dengan datangnya musim hujan, berbagai penyakit merupakan hal yang sering dialami oleh masyarakat. Deman Berdarah Dengue (DBD), diare, batuk pilek serta demam merupakan beberapa contoh penyakit yang kerap diderita oleh masyarakat.

Kepala Seksi Pelayanan Medis RSUD Kota Depok, Dayu Satriani, mengatakan bahwa penyakit di musim hujan bisa dicegah selama menjaga kebersihan lingkungan dan ketahanan tubuh. Khusus penyakit DBD dapat dihindari dengan rajin membersihkan genangan air agar tidak timbul jentik nyamuk.

“Jangan sampai ada saluran yang mampet dan menyebabkan air tergenang. Genangan ini yang menjadi sarang nyamuk,” ujar Dayu, beberapa waktu lalu.

Selain itu, untuk wilayah yang memiliki potensi banjir juga merupakan sumber penyakit, karena ketika banjir biasanya kulit menjadi gatal-gatal dan jika digaruk akan menimbulkan bekas luka. Air banjir yang kotor itu penuh dengan kuman, sehingga jika terkena air tersebut dianjurkan untuk cuci menggunakan sabun lalu bilas dengan air bersih.

“Hal ini bisa dihindari dengan mencuci tangan dan kaki hingga bersih, karena terkena air banjir yang kotor. Intinya selalu terapkan PHBS,” tambahnya.

Selain Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus diterapkan, sistem imun tubuh juga harus ditingkatkan untuk menjaga kekebalan tubuh. Berolahraga secara teratur diperlukan di segala musim, agar badan segar dan sehat.

“Penerapan pola hidup sehat antara orang dewasa dan anak sebenarnya sama saja, anak juga harus minum banyak air putih dan perbanyak makan sayuran,” ujarnya.

Dayu menambahkan, menjaga kesehatan dari dalam diri sendiri sangat dibutuhkan tubuh. Asupan gizi yang seimbang antara makanan dan vitamin dianjurkan mengonsumsi vitamin C saat musim hujan.

“Makan sayur harus diterapkan terutama pada anak-anak, serta air putih 8 gelas sehari juga wajib dilakukan,” tutupnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :