Mu’awanah, Kepala SMPN 19 Depok

Mu’awanah, Kepala Sekolah SMPN 19 Depok

depok.go.id – Sekolah Adiwiyata merupakan program yang digulirkan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia bagi sekolah-sekolah yang peduli terhadap lingkungan. Hal ini dimaksud sebagai dorongan agar tercipta pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN 19) Depok telah dinilai langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup beberapa waktu yang lalu. Setelah dilakukan penilaian, SMPN 19 Depok percaya diri untuk keluar sebagai peraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional.

Insya Allah kami PD keluar sebagai penerima penghargaan sekolah Adiwiyata Nasional,” ujar Mu’awanah, Kepala SMPN 19 Depok, Senin (23/11/2015).

Mu’wanah menambahkan bahwa siswa, guru, maupun kepala sekolah sangat antusias terhadap lingkungan yang hijau. Pada dasarnya, penghijauan yang ada di sekolah yang berada di Kecamatan Pancoran Mas, Depok ini dilakukan oleh siswa. Mereka membuat tanaman hidroponik sendiri di depan kelasnya kemudian dirawat sebaik-baiknya.

“Di depan kelas terdapat banyak pohon hidroponik, ditanam dan dirawat oleh masing-masing kelas yang berada disitu,” tambahnya.

Sementara itu, kriteria sekolah Adiwiyata Nasional antara lain lingkungan sekolah bersih dan sehat, memiliki landscape, memanfaatkan sumberdaya secara efisien, mengelola sampah, mengelola sanitasi lingkungan dan memiliki cadangan air tanah, memiliki kantin ramah lingkungan, dan melakukan pelestarian fungsi lingkungan hidup. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :