IMG_4795

depok.go.id – Sebanyak 50 kepala sekolah tingkat SMP dan SMA pagi tadi mengikuti kegiatan sosialisasi tentang pelayanan pengaduan yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok. Sosialisasi ini dilaksanakan di aula Gedung Perpustakaan Kota Depok, Senin (23/11/2015).

Kepala Bidang Data dan Informasi Diskominfo Kota Depok, Didi Suryadi, mengatakan bahwa ini merupakan bentuk fasilitasi yang diberikan oleh Diskominfo kepada mereka untuk mempermudah pihak sekolah jika ada pengaduan dari masyarakat. Selain itu juga diharapkan informasi yang didapatkan dari kegiatan ini dapat kembali diinformasikan kepada orangtua siswa.

“Jadi nanti mereka diharapkan juga ikut mensosialisasikan ke masyarakat luas, dalam hal ini adalah orangtua siswa agar seluruh  civitas sekolah bisa mengetahui layanan pengaduan yang disediakan oleh Pemkot Depok,” ujarnya.

Dalam sektor pendidikan sendiri, beberapa hal yang sering ditanyakan oleh masyarakat di antaranya pengumuman penerimaan peserta didik dalam setiap lembaga pendidikan, pengumuman biaya yang dibutuhkan, pelaksanaan program pendidikan, serta terkait dana bantuan kepada siswa. Selain itu, soal ketenagakerjaan di bidang pendidikan, seperti sertifikasi guru, kenaikan pangkat, dan dana BOS juga merupakan beberapa hal yang sering ditanyakan.

“Harapannya dengan sosialisasi ini bisa mempermudah menyelesaikan masalah yang ada di sekolah, baik secara ketenagaan dan pengaduan masyarakat bisa cepat teratasi,” ujarnya.

Didi juga mengimbau kepada kepala sekolah yang hadir untuk selalu melakukan koordinasi kepada pihak Disdik terkait informasi publik di bidang pendidikan. Koordinasi ini diperlukan agar tidak terjadi miss komunikasi terhadap data informasi kepada masyarakat, karena ada beberapa informasi yang bisa dikonsumsi oleh publik dan ada yang tidak.

“Pelayanan call center dari Diskominfo selalu berkoordinasi dengan OPD terkait agar semua informasi dapat terlayani maka diperlukan sinergitas dari semua lembaga,” tutupnya.

Pihak Pemkot Depok sendiri sudah memberikan pelayanan pengaduan berupa call center dengan nomor 1500-664 dan juga SMS center dengan nomor 0811-9500-665. Melalui layanan tersebut, masyarakat dapat mengakses informasi ataupun memberikan saran dan juga pengaduan. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :