DPD RI saat melakukan kunker ke Pemkot Depok, Jumat (23/11/18). (Foto: Jose/Diskominfo).

depok.go.id- Adanya rencana Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) untuk memfasilitasi penyelesaian sengketa Pasar Kemiri Muka disambut baik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Lewat serap aspirasi DPD RI ke Pemkot Depok diharapkan dapat memberi solusi atas sengketa pasar yang berlokasi di Kecamatan Beji tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono mengatakan, serap aspirasi yang dilakukan DPD RI diharapkan dapat membantu menghasilkan solusi dalam menyelesaikan masalah Pasar Kemiri Muka. Sebab, menurutnya, pasar rakyat tersebut merupakan aset negara yang harus dipertahankan.

“Terima kasih atas perhatian DPD RI terkait Pasar Kemiri Muka. Mudah-mudahan lewat serap aspirasi ini dapat menghasilkan solusi, karena merupakan aset negara yang harus dipertahankan walaupun hingga kini sudah ada putusan Mahkamah Aguang (MA),” tutur Hardiono, usai menerima Kunjungan Kerja (Kunker) DPD RI di Ruang Bougenvile, Balai Kota Depok, Jumat (23/11).

Dikatakannya, Pemkot Depok akan tetap berupaya mempertahankan Pasar Kemiri Muka melalui jalur hukum yang benar. Sebab, menurutnya, pasar rakyat tersebut merupakan aset negara yang harus dipertahankan.

“Intinya kami akan tetap mempertahankan. Karena sesuai izin lokasi sudah dinyatakan bahwa setelah lima tahun pengelolaannya harus diserahkan kepada Pemkot Depok untuk melayani para pedagang yang ada di pasar tersebut,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Akuntabel Publik (BAP) DPD RI, Abdul Gafar Usman menuturkan, pihaknya mengunjungi Kota Depok guna mendengarkan aspirasi dari pedagang pasar serta upaya Pemkot Depok dalam menyelesaikan masalah Pasar Kemiri Muka.

“Secara aturan, Pasar Kemiri Muka ini merupakan aset negara. Oleh karena itu, kami mendukung Pemkot Depok untuk mempertahankan aset ini dengan dasar-dasar administrasi yang dimiliki,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, pihaknya juga memberikan sejumlah masukan kepada Pemkot Depok terkait penyelesaian masalah Pasar Kemiri Muka. Dengan begitu, diharapkan dapat memberikan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan pasar tersebut.

“Jika Pemkot Depok memerlukan dukungan, maka kami akan membantu memfasilitasi dengan memanggil pihak penggugat agar sama-sama mencari solusi terbaik terkait masalah ini. Tetapi, kami memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada Pemkot Depok untuk menyelesaikan masalah tersebut,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :