Lomba Yel Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SLBN Kota Depok, Kecamatan Cipayung, Jumat (23/11/18). (Foto: Asyril/Diskominfo). 

depok.go.id-Upaya menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), khususnya kepada siswa Sekolah Dasar (SD), dilakukan Puskesmas Ratujaya dengan menggelar lomba yel Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Kegiatan tersebut diikuti oleh 18 sekolah di lingkungan Kelurahan Pondok Jaya dan Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung.

“Lomba ini untuk melatih anak-anak agar terbiasa menerapkan PHBS, salah satunya dengan kegiatan CTPS. Adapun kegiatan ini diikuti siswa SD, MI dan SDLB kelas IV di lingkungan Kelurahan Pondok Jaya dan Ratujaya, Kecamatan Cipayung,” ujar Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini, usai melakukan sosialisasi CTPS yang dilanjutkan dengan lomba yel CTPS, di SLBN Kota Depok, Kecamatan Cipayung, Jumat (23/11/18).

Dikatakannya, peserta lomba akan menampilkan yel-yel CTPS yang sudah dipersiapkan. Nantinya kriteria yang menjadi penilaian juri antara lain kekompakan, kreativitas, dan waktu.

“Peserta juga diperbolehkan menggunakan alat bantu seperti musik atau pun alat pendukung lainnya. Selain melatih PHBS, kegiatan ini juga untuk melatih siswa agar berani tampil di depan umum,” katanya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini siswa terbias melakukan CTPS terutama setelah dari toilet, sebelum makan, setelah memegang hewan peliharaan dan setelah memegang benda kotor.

“CTPS ini penting dilakukan oleh masyarakat, khususnya anak-anak. Dengan CTPS, siswa akan terhindar dari bakteri yang dapat menganggu kesehatan,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih
Diskominnfo

Bagikan post melalui :