dokcil

depok.go.id – Pelatihan Dokter Kecil (Dokcil) yang kerap dilakukan Puskesmas Ratujaya terhadap siswa Sekolah Dasar (SD) diharapkan dapat menjadi sarana sosialisasi yang efektif bagi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga. Terlebih, dalam kegiatan Dokcil siswa juga diberikan materi terkait kesehatan.

Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini mengatakan, peserta didik atau Dokcil yang telah dilatih diharapkan dapat menularkan ilmu dengan mengadakan penyuluhan kepada teman-temannya, tentang pentingnya membiasakan PHBS. Di samping itu, Dokcil juga bisa memberikan pelayanan kepada rekan-rekan yang mengalami gangguan kesehatan selama di sekolah.

“Dalam melaksanakan tugasnya, mereka (Dokcil) diajak bersikap dan berperilaku sehat. Sekaligus menggerakkan teman-temannya untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap diri masing-masing,” ujarnya, Sabtu (23/12/17).

Opi, panggilan akrabnya, menuturkan para Dokcil ini nantinya akan membantu guru dan petugas kesehatan untuk berperan aktif dalam berbagai upaya kegiatan peningkatan kesehatan.

“Termasuk membantu program kesehatan rutin melalui Puskesmas terdekat dan Unit Kesehatan Sekolah (UKS), serta Unit Kesehatan Gigi (UKG) di beberapa sekolah,” lanjutnya.

Adapun beberapa kegiatan Dokcil antara lain, membimbing teman melakukan pengukuran tinggi badan dan berat badan, serta membantu petugas kesehatan melaksanakan pelayanaan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan pengamatan kebersihan ruang UKS.

“Termasuk mengamati dan melakukan bimbingan terhadap teman-temannya melalui kegiatan promosi kesehatan di lingkungan sekolah seperti, kebersihan halaman sekolah, ruang kelas, persediaan air bersih, tempat cuci tangan, kamar mandi, tempat sampah, dan pemberantasan sarang nyamuk. Mudah-mudahan pelatihan ini bisa membentuk PHBS di dalam diri Dokcil dan siswa lainnya,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :