depok.go.id-Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) berupaya mempercepat penyelesaian pembangunan Alun-alun Kota Depok. Pembangunan tahap pertama alun-alun yang berlokasi di area Grand Depok City (GDC) Cilodong tersebut, telah mencapai 98 persen.

Kepala Bidang Tata Bangunan, Disrumkim Kota Depok, Suwandi menjelaskan, pada pembangunan tahap pertama terdapat beberapa infrastruktur yang telah selesai dibangun. Di antaranya, gedung pengelola, tribun penonton, lapangan basket dan futsal, wall climbing, jogging track, arena sepeda BMX, arena skate board, musala, dan outdoor gym.

“Saat ini hanya tinggal merapikan saja. Kita targetkan pembangunan tahap awal ini selesai di bulan Februari mendatang,” tuturnya kepada depok.go.id, Kamis (24/01/19).

Dikatakan Wandi, sapaannya, meskipun saat ini beberapa infrastruktur di alun-alun yang memiliki luas 3,6 hekatre tersebut telah rampung, tetapi belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sebab, pihaknya akan membentuk pengelola terlebih dahulu yang bertugas mengatur tata tertib dan ketentuan penggunaan alun-alun tersebut.

“Jadi, kita akan membentuk pengelolanya terlebih dulu, baru setelah itu bisa dioperasikan,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk pembangunan alun-alun tahap kedua rencananya dilakukan di bulan April setelah melalui proses lelang. Dalam pembangunan tahap kedua nanti, terdapat beberapa infrastruktur yang menjadi prioritas.

“Di antaranya, pintu masuk utama, area penurunan penumpang, shelter bus, dinding mural, parkir pengelola, jembatan utama, dan kolam retensi. Kemudian, ada panggung terapung, tempat duduk, lapangan terbuka hijau, pendopo, taman bermain anak, taman lansia, galeri UMKM, dan menara pandang,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :