Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna bersama KPUD Depok serta 55 relawan demokrasi di Hotel Bumi Wiyata, Kamis (24/01/2019). (foto: Asyril/Diskominfo)

depok.go.id-Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) turut berperan meningkatkan kualitas demokrasi, baik secara prosedural maupun substansial. Termasuk mendorong partisipasi masyarakat pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019.

“Suksesnya Pemilu bukan hanya bersandar pada integritas penyelenggara Pemilu dan peserta Pemilu saja. Namun, harus didukung seluruh pemangku kepentingan demi tercipta sinergisitas yang kuat sehingga pesta demokrasi benar-benar sukses dilaksanakan,” ujar Pradi usai menghadiri Pelantikan Relawan Demokrasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok di Hotel Bumi Wiyata, Kamis (24/01/2019)

Dirinya menjelaskan, dalam Pemilu nanti pihaknya menginginkan seluruh masyarakat di Kota Depok semakin sadar akan hak konstitusionalnya. Terlebih, pelaksanaan Pemilu serentak 2019 sebagai pesta demokrasi nasional, harus dapat menjamin hak politik masyarakat.

“Jadi aspirasi politik masyarakat harus tersalurkan secara alamiah tanpa adanya tekanan, intimidasi, dan ancaman lainnya,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, Pemda bersama-sama dengan KPU serta aparat keamanan akan terus meningkatkan sinergisitas. Hal tersebut untuk mendorong Pemilu 2019 yang sukses, aman, tertib dan lebih beretika.

“Pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) tahun 2018 di Kota Depok. Tercatat, total partisipan Pilgub 2018 mencapai 71,14 persen atau meningkat sekitar 19,07 persen dari perhelatan Pilgub 2013. Kita ingin pada Pemilu 2019 juga ada peningkatan,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :