depok.go.id-Guna mengimplementasikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif (HI) diperlukan kesamaan pandangan antara berbagai pihak, di antaranya oleh sejumlah organisasi mitra (ormit) pendidikan. Hal inilah yang mendorong Forum PAUD Kota Depok menggelar Workshop Implementasi PAUD Holistik Integratif (HI).

Ketua Forum PAUD Kota Depok, Elly Farida menuturkan, pendidikan bukan hanya tanggung jawab yang diembankan kepada sekolah. Melainkan semua lapisan masyarakat, mulai dari orang tua, pihak sekolah, bahkan ormit pendidikan.

“Karena itu, kita ajak para ormit untuk memiliki satu kesepahaman tentang pentingnya pendidikan yang holistik dan integratif. Kita berdiskusi bagaimana peran dan tanggung jawab dari para ormit untuk mewujudkan PAUD HI ini,” kata Elly di Aula Perpustakaan Kota Depok, Kamis (24/01/2019).

Pada kesempatan kali ini, pihaknya menghadirkan sejumlah narasumber yang konsen dengan pendidikan dan parenting. Yaitu, Guru Besar Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Institut Pertanian Bogor (IPB) Euis Sunarti, tentang Pengasuhan Holistik Integratif, dan Dhanang Sasongko selaku Sekjen Komnas Perlindungan Anak yang membahas tentang, Memutus Mata Rantai Kekerasan Terhadap Anak.

Sementara itu, Guru Besar IKK-IPB Euis Sunarti mengatakan, dalam membangun pendidikan yang holistik dan integratif harus dilandasi dengan hati. Yaitu, mencintai anak tanpa prasyarat, karena setiap anak adalah pemenang.

“Ajarkan anak keterampilan hidup sejak dini, ciptakan permainan edukatif, dan gali kearifan anak dengan menemani proses pembelajarannya dengan tuntas,” ucapnya.

Penulis : Pipin Nurullah
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :