Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna di kegiatan pelantikan 55 Relawan Demokrasi di Hotel Bumi Wiyata, Kamis (24/01/2019). (Foto : Asyril/Diskominfo)

depok.go.id-Keberadaan 55 Relawan Demokrasi yang baru saja dikukuhkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, dinilai sangat penting dalam menyukseskan agenda Pemilu 2019. Terutama meningkatkan partisipasi warga dalam menyalurkan hak suaranya.

“Upaya KPU Depok untuk melibatkan semua unsur masyarakat patut diapresiasi. Mengumpulkan 55 relawan dari 11 kecamatan dengan berbagai latar belakang, menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu,” ujar Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna saat menghadiri pelantikan 55 Relawan Demokrasi di Hotel Bumi Wiyata, Kamis (24/01/2019).

Dikatakannya, inovasi serta upaya dari KPU Depok melalui para relawan diharapkan dapat menaikkan jumlah partisipasi aktif warga. Jika dalam Pemilu 2014 partisipasi warga Kota Depok mencapai 73 persen, dalam Pemilu 2019 dia berharap ada peningkatan signifikan.

“Pemerintah akan mendukung upaya KPU Depok untuk Pemilu 2019 yang sukses, aman, dan tertib,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna menjelaskan, 55 relawan tersebut merupakan hasil seleksi dari 148 pendaftar. Para relawan nantinya akan bertugas mengajak masyarakat datang ke TPS untuk memberikan pilihannya.

“Para relawan memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Mereka adalah agen untuk menyosialisasikan kepada komunitasnya, agar berpartisipasi dalam Pemilu 2019,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, KPU Depok menargetkan peningkatan pastisipasi pemilih sebanyak 80 persen. Adanya relawan demokrasi, kata Nana, merupakan upaya untuk meraih target tersebut.

“Relawan Demokrasi dilakukan serentak se-Indonesia. Untuk Kota Depok sudah ketiga kalinya yaitu pada Pemilihan Presiden kali ini, Pemilihan Presiden tahun 2014 dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) tahun 2018,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :