srilanka2Kota Depok pagi tadi mendapatkan kujungan dari Delegasi Pemerintahan Sri Lanka, salah satu negara pulau di pesisir tenggara India, Senin (24/02/2014). Delegasi yang dipimpin oleh Thushara Dissanayake ini terdiri dari pemerintahan serta parlemen daerah bermaksud untuk melakukan studi banding mengenai pembangunan, pengelolaan administrasi, menyusunan anggaran dan perpajakan yang diterapkan di Kota Depok.

“Kami memilih Depok karena kami mendapatkan referensi bahwa sistem pengelolaan pajak dan obligasi, serta pengawasan administrasi di Depok termasuk salah satu yang baik. Selain itu kami juga mengagumi kebijakan yang  diterapkan Pemkot Depok setelah tadi dijelaskan program serta visi dan misi oleh Ibu Ety, “ ujar A.W Sadiqul Ameen selaku Dewan Kota Chillaw Sri Lanka.

srilanka3Selain itu pemilihan Depok sebagai salah satu kota yang dikunjungi karena Kota Belimbing ini memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tinggi. Selain itu mereka juga mendapatkan referensi dari Departemen Keuangan bahwa Depok pengelolaan pendapatan pajaknya baik dan termasuk salah satu kota yang menurut mereka berhasil melaksanakan alih fungsi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dari pemerintah pusat dan daerah.

“Kami ucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi sambutan hangat dari Pemerintah Depok, mereka sangat bersahabat dan membantu membuka pikiran terhadap sistem pemerintahan otonomi daerah. Kami juga berharap dapat mengimplementasikan apa yang kami dapatkan disini,” lanjut Saqidul.

Sri Lanka telah dilanda konflik etnis selama dua dekade terakhir antara pemerintah dan kelompok minoritas Tamil yang dilakukan oleh Macan Tamil. Pada tahun 2009, konflik antara keduanya berakhir dengan kemenangan pihak pemerintah. Saat ini Srilanka sedang memulai menata lagi sistem pemerintahannya, meraba bentuk demokrasi seperti apa yang akan diterapkan. (Rysko/Diskominfo)

srilanka1

Bagikan post melalui :