IMG-20140223-WA0003

Pemerintah Kota Depok memberikan bantuan kepada para pengungsi dan korban erupsi Gunung Kelud di Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis-Jum’at (20-21/2/2014). Bantuan yang disalurkan melalui Pemerintah Kabupaten Kediri ini, diserahkan secara langsung oleh Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il, dengan disaksikan oleh Komandan Rayon Militer (Danramil) Kediri, Camat Kecamatan Puncu, Unsur Kepolisian, serta berbagai pihak terkait lainnya di Kabupaten Kediri.

Walikota Depok yang dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Asisten Ekbangsos Eka Bachtiar, Kadis Tenaga Kerja dan Sosial Diah Sa’diah, Kadis Kesehatan Noerzamanti Lies, dan Plt. Kadis Kominfo Kota Depok Mohammad Fitriawan,  menyebutkan bahwa bantuan kemanusiaan yang disalurkan tersebut merupakan bantuan yang dihimpun dari berbagai elemen masyarakat di Kota Depok. Selain uang tunai, Pemkot Depok juga memberikan bantuan lainnya berupa makanan dan minuman, beras jagung ONDR, obat-obatan, posko kesehatan gratis, serta layanan dapur umum.

IMG-20140223-WA0004 IMG-20140223-WA0002

“Berdasarkan informasi yang kami peroleh, hal mendesak yang diperlukan para korban erupsi Gunung Kelud di Kediri ini adalah makanan dan air minum. Oleh karena itu, selain bantuan uang dan kesehatan, kami juga mendirikan dapur umum,” tutur Walikota.

Sebagaimana diketahui, Gunung Kelud yang berada di wilayah Kediri, Blitar, dan Malang, Jawa Timur ini meletus pada Kamis malam (13/2/2014). Letusan Gunung Kelud ini disebutkan lebih besar daripada letusan yang pernah terjadi pada 1990 silam. Besarnya letusan saat ini, selain diukur oleh tingginya lontaran material vulkanik, juga diukur berdasarkan area terdampak letusan. Menurut pantauan PVMBG, abu letusan Gunung Kelud tersebut terlontar hingga sampai ke kota-kota yang relatif jauh seperti ke Ponorogo, Mojokerto, Surabaya, bahkan hingga wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Nur Mahmudi berharap, bantuan yang disalurkan oleh pihaknya ini bisa dimanfaatkan untuk membantu merehabilitasi bangunan sekolah yang rusak, membantu warga setempat untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis, serta  bisa memenuhi kebutuhan pokok bagi warga yang sangat membutuhkan. (Rita/Diskominfo)

IMG-20140223-WA0001

Bagikan post melalui :