Sebagai bentuk mewujudkan Kota Depok yang Maju dan Sejahtera, masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggelar Forum OPD, tidak terkecuali Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok. Pada forum tersebut, masing-masing dinas memiliki program dan capaian di tahun 2016.

Dinas yang memiliki tugas pokok dalam melaksanakan urusan Pemerintah Daerah di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil tersebut, akan terus melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat dengan mudah mengurus pembuatan identitas kependudukan. Mengingat sejak lahir hingga meninggal dunia, warga diwajibkan membuatnya.

“Kami akan terus memberikan pelayanan sesederhana mungkin kepada masyarakat,” tutur Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir.

Dalam hal ini, peningkatan pelayanan yang akan dilakukan meliputi, penataan pelayanan administrasi kependudukan di tingkat RT dan RW, bimbingan teknis administrasi kependudukan di RT dan RW, pengadaan sarana dan prasarana pelayanan akta kelahiran dan kematian, peningkatan pelayanan akta perkawinan, perceraian, pengakuan, dan pengesahan anak, peningkatan pelayanan akta kelahiran melalui isbat nikah, serta peningkatan pelayanan akta kelahiran dan kematian di luar kantor.

Terakhir, Mantan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Seni dan Budaya (Disporaparsenbud) Kota Depok berharap dengan peningkatan pelayanan tersebut, masyarakat merasa lebih mudah. Karena pembuatannya tidak akan dipusatkan di Balaikota saja, melainkan juga dapat dilakukan di tingkat kelurahan.

“Semoga pendataan kependudukan di Kota Depok dapat terus berkembang dengan pelayanan yang lebih ringan,” tutup Mantan Kepala Dinas Kebakaran (Damkar) Kota Depok. (Indri/Diskominfo)

Bagikan post melalui :