Erry Sriyanti3

Sekretaris Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Erry Sriyanti . (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Sekretaris Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Erry Sriyanti menilai keluarga memiliki peran penting dalam menekan angka kekerasan pada anak. Menurutnya, keluarga memiliki pengaruh paling besar terhadap tumbuh kembang anak, karena jika anak tidak mendapat perhatian dari lingkungan keluarga, maka anak akan mencari perhatian di luar rumah.

“Ini yang harus diwaspadai, bagaimana peran keluarga dalam memberikan pendidikan kepada anak, sehingga anak tidak mendapatkan masukan negatif dari lingkungan luar,” ujar Erry, Sabtu (24/02/2018).

Ditegaskan olehnya, anak di bawah umur tidak bisa dihukum karena kesalahannya. Mereka nantinya akan dikembalikan ke orang tua dan mendapat pembinaan dari orang tua langsung.

“Jika anak melakukan kesalahan, maka orang tua yang harusnya diberikan hukuman dan instropeksi diri,” katanya.

Dirinya menambahkan, para orang tua di Kota Depok juga hendaknya mengenal beberapa jenis perlakuan kekerasan pada anak yang tidak hanya berupa kekerasan fisik semata. Namun, anak bisa pula mendapat kekerasan emosional, kekerasan seksual, penelantaran, hingga eksploitasi anak.

“Tindakan kekerasan yang dilakukan terhadap anak akan terekam dalam alam bawah sadar anak dan bisa membekas sepanjang hidupnya, maka itu hendaknya tahanlah diri untuk tidak melakukan kekerasan pada anak,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :