pemberantasan-sarang-nyamuk-34-728

Ilustrasi pemberantasan sarang nyamuk. (Foto : Istimewa)

depok.go.id – Pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi perhatian serius UPT Puskesmas Kecamatan Limo. Lewat kegiatan Pemeriksaan Jentik Berkala  (PJB) dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serentak di Kecamatan Limo, diharapkan penyakit DBD yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti dapat dicegah sedini mungkin.

Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Limo, Titin Hardiana mengatakan, kegiatan ini melibatkan instansi vertikal yang ada di wilayah Kecamatan Limo. Dalam kegiatan itu, pihaknya juga menyertakan kader PKK dan Posyandu.

“Setiap melaksanakan PJB dan PSN Puskesmas menugaskan 2 orang petugas dari Puskemas untuk mendampingi kader jumantik,” tambahnya, Kamis (23/03/2017).

Dikatakannya, pelaksanaan PJB dan PSN rutin dilakukan setiap pekan untuk setiap kelurahan di wilayah Kecamatan Limo. Sebab, selama ini aktivitas pemeriksaan jentik belum dilakukan secara masif.

“Tingkat pemeriksaan jentik berkala di Kecamatan Limo masih rendah, sehingga upaya Puskesmas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya PJB dan PSN akan dimaksimalkan. Sosialisasi terus dilakukan melalui acara-acara tingkat kelurahan maupun kecamatan,” ujarnya.

Ia mengajak masyarakat untuk aktif dalam PJB dan PSN. Ke depan diharapkan masyarakat menjadi mandiri, sehingga bisa setiap saat melaksanakan pemeriksaan jentik nyamuk agar Kecamatan Limo terbebas dari penyakit DBD.

“Dengan kata lain, ke depan petugas jumantik sifatnya hanya mengawasi dan melaporkan kegiatan PJB dan PSN,” pungkasnya.

Penulis : Agus
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :