depok.go.id-Isak tangis Abdul Rahman (79 tahun) tak dapat dibendung saat diberi kesempatan untuk mencurahkan isi hatinya (curhat) di hadapan Ketua Bidang Pemberdayaan Komisi Daerah (Komda) Lansia, Elly Farida. Kakek yang tinggal di Bumi Sawangan Indah (BSI), Pengasinan, Sawangan, ini tanpa sungkan curhat atas kesedihannya ditinggal istri ke haribaan Ilahi.

Rahman, biasa dirinya disapa, mengungkapkan betapa cinta dan sayangnya dia pada sang istri. Terbukti pernikahan yang dibangunnya bersama sang istri sudah terbina hingga hampir merayakan perkawinan emas.

“Saya bersama istri, dua tahun lagi akan merayakan perkawinan emas. Sebenarnya sudah mempersiapkan ingin merayakan kecil-kecilan. Tapi, ternyata istri saya sudah keburu dipanggil Yang Mahakuasa,” ujarnya menitikkan air mata, pada sesi Curhat Lansia, Roadshow Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Kecamatan Sawangan, Selasa (24/03/2018).

Dirinya mengaku ikhlas ditinggal sang istri lebih dahulu menghadap Ilahi. Tentunya sambil berharap kelak di akhirat dia bisa berjumpa kembali dengan belahan hatinya.

Menanggapi curhatan Rahman tersebut, Elly Farida mengaku simpati dan memang diakui usia lansia membutuhkan sarana curhat untuk menumpahkan seluruh yang dirasakan. Dengan begitu, para lansia tidak akan merasa galau, stres, bahkan depresi.

“Inilah fungsi dari sarana curhat lansia yang diprakarsai oleh Dinas Sosial (Dinsos), agar lansia-lansia di Kota Depok punya kesempatan untuk bercerita tentang apapun. Termasuk kesedihan yang dialami oleh Kakek Rahman,” katanya.

Ditambahkan Bunda Elly, sapaan akrabnya, masa lansia merupakan masa butuh diperhatikan. Sebab, biasanya mereka juga butuh teman mengobrol. Selain itu, masa lansia juga sangat membutuhkan kasih sayang lebih dari seluruh anggota keluarga.

“Pemkot Depok terus berupaya dalam memfasilitasi lansia agar merasa nyaman tinggal di Depok, begitu juga dengan peran PKK melalui Bina Keluarga Lansia (BKL), kami sudah melaksanakan pelatihan caregiver bagi para kader. Sehingga nanti bisa merawat lansia yang ada di wilayahnya dengan lebih baik,” tuturnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Rita Nurlita
Diskominfo

Bagikan post melalui :