Kabid Sarana dan Bina Pasar Disdagin mengikuti launching Pasar Sadar Jaminan Sosial di Pasar Sukatani, Tapos. (Foto: Pipin/Diskominfo)

depok.go.id-Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) mengajak para pedagang di Kota Depok, khususnya yang ada di Pasar Sukatani, Tapos untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya, jaminan sosial tersebut dinilai memiliki banyak manfaat untuk mereka di kemudian hari.

“Kita tidak tahu apa yang akan kita alami ke depannya. Berbagai risiko terkait pekerjaan bisa saja terjadi. Karenanya kita harus mengantisipasi berbagai kemungkinan tersebut,” kata Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Bina Pasar (SBP) Disdagin Kota Depok, Dadang Supriatna usai Launching Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Selasa (24/04/2018).

Dikatakannya, berbagai manfaat bisa dirasakan oleh para pedagang ketika sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan. Di antaranya, mendapatkan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

“Tidak seperti ASN yang sudah memiliki jaminan sosial, para pedagang, kebanyakan belum memiliki hal itu. Mengingat pentingnya, mempersiapkan hari tua atau kematian, tentu keberadaan BPJS Ketenagakerjaan menjadi solusi bagi mereka,” katanya.

Guna terpenuhi hak-hak tersebut, pihaknya akan bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan, untuk merilis Pasar Sadar Jaminan Sosial BPJS di lima pasar lainnya di Kota Depok. Mulai dari Pasar Musi, Pasar Tugu, Pasar Agung, Pasar Kemiri Muka, dan Pasar Cisalak.

“Pencanangan Pasar Sadar Jaminan Sosial, menjadi langkah positif untuk diikuti UPT pasar lainnya. Tentu kami terbuka dengan pihak siapa pun yang ingin ikut menyejahterakan para pedagang,” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih dan Rita Nurlita
Diskominfo

Bagikan post melalui :