Demo masak yang dilakukan BBP2HP saat kegiatan Gemarikan di Halaman Balai Kota Depok, Selasa (24/04/18). (Foto: Nita/Diskominfo).

depok.go.id-Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok terus berupaya mendongkrak konsumsi ikan di Kota Depok. Selain sosialisasi, DKPPP juga kerap memberikan praktik bagaimana cara memilih ikan yang baik, beserta cara pengolahannya melalui kegiatan demo masak.

“Setiap ada kesempatan, kami selalu melibatkan Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) untuk melakukan demo masak. Ini perlu dilakukan untuk meyakinkan masyarakat, penyajian ikan banyak ragamnya. Jadi tidak itu-itu saja,” ujar Kepala Bidang Perikanan DKPPP Kota Depok, Ita Wilda di Lapangan Balai Kota, Selasa (24/04/18).

Dirinya berharap, melalui kerja sama ini, ke depan masyarakat akan lebih berhati-hati memilih jenis maupun cara mengolah ikan sebelum dimasak.

“Jadi ikan yang diolah betul-betul masih segar. Kemudian cara pengolahan harus higienis, tidak memakai bahan kimia,” tambahnya.

Senada dengan itu, Analis Pasar Hasil Perikanan BBP2HP, Doni Suhadak mengaku, setiap tahun pihaknya selalu dikutsertakan dalam kegiatan besar DKPPP seperti Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Kegiatan tersebut juga dijadikan ajang untuk mempromosikan informasi teknologi yang sudah dihasilkan BBP2HP, baik pengolahan maupun alat.

“Kegiatan ini juga menjadi kesempatan kami untuk mempromosikan inovasi yang telah kami buat, baik olahan maupun alatnya. Adapun beberapa olahan yang kami demokan hari ini seperti pilus keju, kekian dan ekado. Semua berbahan dasar ikan dan rumput laut,” ucapnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Rita Nurlita
Diskominfo

Bagikan post melalui :