Ratusan siswa SD mengikuti kegiatan Gemarikan di Halaman Balai Kota Depok, Selasa (24/04/18). (Foto: Nita/Diskominfo).

depok.go.id-Upaya meningkatkan konsumsi ikan tidak hanya jadi fokus Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok saja. Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, juga merasa terpanggil mengajak masyarakat, khususnya anak-anak untuk menyukai makan ikan lewat cerita dongeng yang menyenangkan.

“Lewat bantuan dongeng, anak dikenalkan ragam makanan bergizi dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Dengan mendongeng juga, daya tangkap anak-anak akan lebih cepat merespons,” ujar Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida, usai melakukan dongeng yang diikuti 200 siswa SD dan 50 ibu hamil, dalam kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Halaman Balai Kota, Selasa (24/04/18).

Dalam kegiatan ini, pihaknya berkolaborasi dengan pendongeng profesional yang sering muncul di layar televisi, yaitu Kak Reza. Salah satu pesan yang disampaikan adalah pentingnya mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan gizi seperti, ikan, sayuran serta buah-buahan.

“Tak lupa kami juga mengingatkan kepada seluruh siswa, agar menghindari makanan yang tidak mengandung protein. Pasalnya, makanan semacam itu hanya akan mengganggu kesehatan dan kerja otak siswa yang sedang masa pertumbuhan. Minuman berwarna dan makanan seperti kerupuk, misalnya,” jelas wanita yang kerap disapa Bunda Elly tersebut.

Ke depan, dirinya berharap, seluruh orang tua dapat diikutsertakan dalam kegiatan sosialisasi makanan dan minuman bergizi, agar mengetahui pentingnya konsumsi makanan bergizi pada anak sejak usia dini.

“Orang tua juga perlu diberikan edukasi terkait variasi makanan yang bisa diolah, agar anak tidak bosan dengan olahan makanan yang itu-itu saja,” ucapnya.

Untuk diketahui, saat ini konsumsi ikan di Kota Depok mencapai 25-26 kilogram per kapita per tahun. Sedangkan untuk angka konsumsi ikan tingkat nasional adalah 37 kilogram per kapita per tahun. Jumlah ini terus didorong agar semakin meningkat, termasuk lewat kegiatan Gemarikan.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Rita Nurlita
Diskominfo

Bagikan post melalui :