depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan memberikan Tablet Tambah Darah (TTD) pada 3 sekolah yang ada di Kecamatan Sawangan. Multivitamin pencegah anemia ini diberikan pada ketiga sekolah meliputi, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Depok, Madrasah Tsanawiah (MTs) Al Karimiyah, serta MTs Madinatul Quran.

Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Herliana, mengatakan sekolah pertama yang disambangi yakni SMKN 3 Depok dengan memberikan pada 589 siswa kelas X, XI, dan XII. Sebelumnya para siswa telah diperiksa kadar Hemoglobin (Hb) terlebih dahulu.

“Sebelum kami berikan TTD ini, para siswa diperiksa terlebih dahulu. Sehingga diketahui kondisi sebelum diberi TTD seperti apa, kemudian akan diperiksa lagi kadar Hb-nya sebulan kemudian,” ujar Elin, di Puskesmas Sawangan, Selasa (24/04/2018).

Kebutuhan TTD ini bagi para siswa, dikatakan Elin, karena usia remaja ini kebanyakan sudah mengalami menstruasi dan padatnya aktivitas sekolah seperti kegiatan ekstrakurikuler. Akibatnya, pola makan jadi tidak teratur dan gizi tidak seimbang sehingga menjadi penyebab anemia pada remaja.

“Adapun dampak yang terjadi apabila seseorang mengalami anemia yaitu menurunnya kesehatan reproduksi, terhambatnya perkembangan motorik, dan kecerdasan. Kami ingin mencegah hal ini jangan sampai terjadi,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Rita Nurlita
Diskominfo

Bagikan post melalui :