Dosen Luar Biasa Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Maria W. Haryono, saat ,menjadi pembicara di Seminar Masyarakat Nyok Rame-Rame Berbudaya Sehat, Sayangi Jantung Anda di aula lantai 1 Gedung BD RSUD Depok (Foto: Diskominfo)

depok.go.id – Masyarakat Depok yang ingin melakukan program penurunan berat badan harus memerhatikan beberapa hal, salah satunya asupan gizinya seimbang. Perlu ketekunan dan perencanaan yang tepat agar berat badan yang turun tidak naik lagi di kemudian hari.

Menurut Dosen Luar Biasa Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Maria W. Haryono, apabila masyarakat Depok ingin melakukan diet tertentu harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya produk yang dijual seperti obat diet atau buku, pelaksanaannya, hingga kuat atau tidaknya rekomendasi dari kedokteran berdasarkan penelitian yang dapat dipercaya.

“Intinya kalau ingin melakukan diet harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Karena tidak semua kondisi tubuh orang itu sama,” terang Maria saat Seminar Masyarakat Nyok Rame-Rame Berbudaya Sehat, Sayangi Jantung Anda di aula lantai 1 Gedung BD RSUD Depok, Rabu (24/04/19).

Dikatakannya, diet gizi seimbang harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi seseorang dengan mengatur pola makan, porsinya, serta jam makan. Namun yang utama yaitu pengaturan porsi agar nutrisi dasar terpenuhi, sehingga dapat bermanfaat unuk badan.

“Melakukan diet jangan sampai merugikan kesehatan. Jika ingin konsultasi ke dokter spesialis gizi akan diperiksa secara menyeluruh. Hal ini agar saat menjalani diet kondisi tubuh tetap sehat dan terjaga,” tandasnya.

 

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :