Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Hari jadi Kota Depok ke-20, dimaknai Puskesmas Ratujaya sebagai momentum untuk semakin mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satu yang menjadi agenda adalah melakukan promosi kesehatan Temukan, Obati Sampai Sembuh (TOSS) Tuberculosis (TBC) yang dilakukan secara preventif ke lingkungan Rukun Warga (RW).

“Pekan depan, rencananya kami akan melakukan promosi kesehatan TOSS TB ke salah satu RW di Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung. Sengaja kami selenggarakan di luar, karena kita ingin melakukan upaya preventif dengan mendekatkan diri pada masyarakat,” ujar Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini, di ruang kerjanya, Rabu (24/04/19).

Selain TOSS TBC, kata dia, dilakukan juga pemeriksaan skrining kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti obesitas, kadar gula darah, kolesterol dan lain-lain. Bagi warga yang ikut kegiatan ini, kata Opi, sapaannya, tidak dipungut biaya alias gratis.

“Tidak hanya skrining PTM saja, kita juga akan lakukan pemeriksaan skrining TBC. Namun, untuk pemeriksaan labnya, tetap di Puskesmas. Dari hasil ini, kita akan menentukan tindakan apa yang harus dilakukan. Untuk kasus TB, pastinya kami akan lakukan pendampingan, sampai sembuh,” katanya.

Dirinya berharap, melalui upaya preventif, kesadaran masyarakat terkait kesehatan dapat meningkat. Sehingga Angka Harapan Hidup (AHH) warga, juga semakin bertambah.

“Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Bagikan post melalui :