Seekor kucing peliharaan akan divaksin, guna mencegah virus rabies. (Bima./Diskominfo)

depok.go.id-Ratusan warga Kota Depok antusias membawa sejumlah hewan peliharaan untuk divaksinasi ke Balai Kota. Program vaksinasi hewan secara gratis ini, dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok untuk menyambut hari jadi Kota Depok ke-20.

“Alhamdulillah, acara berjalan lancar, peserta cukup membeludak. Sebelumnya yang daftar sekitar 400, akan tetapi yang datang ternyata lebih dari itu. Namun, tidak jadi persoalan karena kita juga menambah persediaan vaksin sesegera mungkin,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Diah Sadiah, kepada depok.go.id, Rabu (24/04/2019).

Dikatakannya, kegiatan tahunan ini menggandeng Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Barat II. Total petugasnya, kata Diah, ada 25 dokter hewan yang praktik di Kota Depok dan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), ditambah puluhan tenaga paramedis lainnya.

Diah menambahkan, imunisasi bertujuan meminimalisir (mencegah) penularan penyakit rabies dari hewan kepada manusia, yang ditularkan melalui gigitan. Dikatakannya, hewan yang divaksinasi di antaranya kucing, anjing, musang, atau kera.

“Sebelum disuntik, hewan ditimbang berat badannya untuk menentukan dosis vaksin,” katanya.

Sementara itu, salah seorang warga Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Angga Irawan (43 tahun) menyambut positif acara ini. Sebagai penyayang hewan, dirinya sangat menjaga kesehatan anjing jenis Belgian Malinois miliknya dengan melakukan vaksinasi.

“Saya baru pertama kali datang ke kegiatan ini, acaranya bagus. Karena penting sekali bagi kita memperhatikan kesehatan hewan, agar keluarga kita juga terhindar dari rabies. Terima kasih kepada Pemkot Depok,” ucapnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :