Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Depok, Devi Mayori. (Foto: Indri/Diskominfo)

depok.go.id- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok memastikan penyaluran bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dapat tepat sasaran. Karena itu, dalam pendataannya dilakukan langsung oleh pendamping PKH yang ditugaskan di setiap kecamatan.

“Sudah ada tim pendamping dari Kemensos RI untuk mendata masyarakat penerima bantuan. Untuk itu, kami terus mengingatkan agar penerimanya benar-benar orang yang membutuhkan,” tutur Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Depok, Devi Mayori kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakan Devi, keluarga penerima bantuan harus memiliki kriteria khusus yang sudah ditetapkan. Kriteria tersebut antara lain masyarakat tidak mampu yang memiliki anak sekolah. Kemudian, warga yang tidak mampu sebagai ibu hamil, menyusui, memiliki balita, memiliki anak dengan gangguan disabilitas, serta terdapat lansia di atas 70 tahun.

Untuk besaran bantuan yang diterima besarannya Rp 1.890 juta per Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuannya sendiri diserahkan dalam beberapa tahap setiap tahunnya.

“Dana yang diterima KPM harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka sebagai penunjang kehidupannya,” ucap Devi.

Dirinya menambahkan, dengan bantuan yang diberikan, diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat tidak mampu di Kota Depok. Dengan begitu, kehidupan mereka dapat lebih sejahtera.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :