Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Hendrik Alamsyah. (Foto: Jose/Diskominfo).

depok.go.id- Guna memudahkan kaum ibu yang akan melahirkan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong akan membuka Pelayanan Obstetri Neonatus Essensial Dasar (PONED). Rencananya, pelayanan tersebut dibuka pada awal bulan Juli 2019.

Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Hendrik Alamsyah mengatakan, saat ini kesiapan pengadaan pelayanan PONED telah mencapai 90 persen. Mulai dari sarana prasarana, alat kesehatan, hingga Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sekarang hanya tinggal perbaikan ruangan pelayanan PONED, terdiri dari ruang persalinan dan ruang rawat inap bagi pasien yang melahirkan. Kita targetkan di bulan Juli sudah bisa digunakan,” tutur Hendrik kepada depok.go.id, Jumat (24/05/2019).

Hendrik melanjutkan, untuk memaksimalkan pelayanan PONED, pihaknya akan mengoptimalkan SDM delapan bidan dan tujuh dokter di Puskesmas tersebut.

“Tetapi, kita tetap melakukan evaluasi terhadap SDM yang ada. Kalau memang tidak seimbang dengan jumlah kunjungan pasien, akan kita usulkan ke Dinas Kesehatan untuk ditambah,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan memberikan pelatihan kepada para tenaga medis yang ada. Semua itu guna meningkatkan kompetensi petugas di bidang PONED.

“Para tenaga medis yang bertugas di PONED harus tersertifikasi. Untuk itu, perlu diberikan berbagai pelatihan,” ucapnya.

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :