depok.go.id-Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok tidak hanya memberikan benih ikan kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan, namun juga edukasi cara membudidayakan ikan. Hal ini dilakukan untuk mengajak masyarakat agar mandiri dalam memenuhi kebutuhan gizinya.

“Selain kami berikan benih ikan, kami juga kerap mengajak masyarakat untuk ikut berperan dalam membudidayakan ikan konsumsi seperti nila, lele dan gurami,” ujar Kepala BBI Kota Depok, M Nur Hidayat, di ruang kerjanya, Senin (24/06/2019).

Nur mengatakan, pihaknya selalu berpesan kepada penerima bantuan agar benih bisa dimanfaatkan secara maksimal. Misalnya, setengah untuk kebutuhan acara atau lingkungan, setengahnya lagi untuk dibudidayakan.

“Sebagian untuk kegiatan, sebagiannya lagi kami harap bisa dijadikan indukan agar terus berkembang biak,” ucapnya.

Nur juga menegaskan, masyarakat yang telah meminta bantuan benih di tahun ini, tidak diperkenankan mengajukan bantuan lagi hingga dua tahun ke depan. Kebijakan ini untuk memberi kesempatan kelompok lainnya agar bisa merasakan bantuan dari BBI.

“Kelompok lain kan juga butuh bantuan dari BBI, jadi gantian. Lagi pula ini sebagai salah satu bentuk edukasi. Masyarakat harus bisa membudidayakan, tidak hanya meminta bantuan benih,” ucapnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :