Kepala Seksi PUG dan Kerjasama DPAPMK Kota Depok, Rahmawati saat memberikan cinderamata pada Head of Site and Operation PT BASF Care and Chemicals (Foto: Nurul/ Diskominfo)

depok.go.id – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat (Jabar) meninjau Sarana dan Prasarana (Sarpras) Responsif Gender di PT BASF Care Chemicals, Kecamatan Cimanggis. Kunjungan tersebut dilakukan demi tercapainya sinkronisasi berbagai regulasi yang telah diterbitkan terkait penyediaan sarpras di perusahaan yang responsif gender.

Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan DP3AKB Provinsi Jabar, Neni Alyani mengatakan, sarpras yang responsif gender memiliki beberapa kriteria dasar. Antara lain aksesibilitas yang baik, desain yang mengakomodasi perbedaan kebutuhan antara laki-laki, perempuan, dan penyandang disabilitas. Selain itu, kriteria lainnya adalah ketersediaan fasilitas yang sesuai standar dan terpelihara dengan baik untuk digunakan.

“Untuk kunjungan kali ini merupakan tempat ke-12 di tahun 2019. Kami sengaja mendatangi berbagai tempat mulai dari perusahaan, ruang publik, rumah sakit, hingga gedung pemerintahan untuk melihat sarpras yang dimiliki sudah sejauh mana responsif gender,” ucap Neni Alyani usai kunjungan, Senin (24/06/2019).

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Kerjasama Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Rahmawati menyambut positif kunjungan dari Provinsi Jabar. Menurutnya, dengan kunjungan tersebut akan memberi dampak baik kepada perusahaan di Depok. Dengan begitu, bisa mendapat masukan demi menerapkan fasilitas yang responsif gender.

“Ke depan DPAPMK juga akan melakukan hal serupa dengan melakukan pendataan, baik perusahaan, gedung pemerintahan, dan sarana publik lainnya agar sesuai dengan ketentuan yang responsif gender,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :