Dinkes Depok Gencar Kampanye Pemberian ASI Eksklusif

depok.go.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan terus berupaya meningkatkan capaian pemberian Air Susu Ibu (ASI) ekslusif. Salah satu langkah yang dilakukan dengan mengadakan kampanye dalam rangka Pekan ASI Sedunia yang diperingati mulai tanggal 1-7 Agustus mendatang.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, May Haryanti mengatakan, pihaknya akan memberikan edukasi kepada ibu hamil dan menyusui mengenai pemberian ASI eksklusif. Dengan edukasi itu, diharapkan seluruh ibu menyusui dapat memberikan ASI kepada anaknya minimal enam bulan, bahkan hingga dua tahun.

“Selama enam bulan pertama kami dianjurkan untuk pemberian ASI eksklusif, karena dalam pertumbuhan tersebut, anak membutuhkan kandungan yang ada dalam ASI. Selian itu juga dapat mengurangi risiko infeksi dan penyakit,” tuturnya kepada depok.go.id, Selasa (24/07).

Dikatakan May, pihaknya juga akan memberikan pengentahuan lebih kepada kader kesehatan setempat di Kota Depok. Para kader nantinya dapat menyampaikan kembali informasi mengenai pemberian ASI eksklusif kepada ibu hamil dan ibu yang memiliki bayi.

“Kader kesehatan juga punya peran besar dalam mendukung program ASI eksklusif. Maka kami akan berikan edukasi,” ucap May.

Terakhir, dirinya berharap dengan upaya yang dilakukan dapat meningkatkan pemahaman kader kesehatan, ibu hamil dan yang memiliki bayi untuk mendukung program ASI eksklusif. Sebab, ASI dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.

 

 

Penulis : Indri Purnama

 

Editor : Retno Yulianti

 

Diskominfo

 

 

 

 

 

Bagikan post melalui :