Caption: Lomba bayi sehat dengan ASI Eksklusif di Aula Puskesmas Ratujaya, Selasa (24/07/18). foto by nita

Puskesmas Ratujaya berkomitmen untuk mengejar target cakupan Air Susu Ibu (ASI) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Untuk itu, berbagai upaya promotif dan preventif terus dilakukan Puskesmas Ratujaya agar target tersebut bisa tercapai.

“Tahun 2017 lalu, kami hanya bisa mencapai 43 persen cakupan ASI di wilayah Ratujaya dan Pondok Jaya. Untuk tahun ini, kami targetkan sebesar 50 persen. Minimal ada peningkatan sedikit demi sedikit untuk mengejar target cakupan ASI yang dicanangkan Kemenkes sebesar 90 persen,” ujar Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini, usai kegiatan Lomba Bayi Sehat di Aula Puskesmas Ratujaya, Selasa (24/07/18).

Dikatakannya, beberapa upaya yang telah dilakukan Puskesmas Ratujaya antara lain memberikan sosialisasi terkait pentingnya ASI bagi tumbuh kembang bayi di setiap kegiatan, seperti Posyandu. Selain itu, mengadakan lomba bayi sehat serta memberikan penghargaan tumbuh kembang bayi kepada orang tua,” jelasnya.

Tak lupa, dirinya juga berpesan kepada ibu hamil dan menyusui dalam setiap kesempatan untuk mempersiapkan produksi ASI, dengan makan makanan bergizi dan seimbang. Terlebih, ASI merupakan hak setiap anak.

“Manajemen diri sendiri untuk persiapan persalinan, biasanya kami imbau bagi ibu yang akan melahirkan. Tujuannya agar mereka benar-benar siap, sehingga diharapakan produksi ASI bisa lancar pascapersalinan,” tutupnya.

 

 

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

 

 

Bagikan post melalui :