Kepala Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak DPAPMK Kota Depok, Yulia Oktavia. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id –  Upaya meningkatkan pemenuhan hak partisipasi anak dilakukan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok dengan membentuk Forum Anak Depok. Untuk lebih memasyarakatkan fungsi dan peran Forum Anak, khususnya di kalangan pelajar, Forum Anak akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah di Kota Depok.

Kepala Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak DPAPMK Kota Depok, Yulia Oktavia mengatakan, sosialisasi ini terkait peran Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor. Direncanakan roadshow Forum Anak Goes To School akan dilakukan pada 11 sekolah SMA/SMK se-Kota Depok.

“Insya Allah, akan dimulai pada tanggal 11 Oktober mendatang. Setiap hari berkunjung ke SMA/SMK yang ada di Depok,” ujar Yulia, di Balai Kota Depok, Senin (24/09/2018).

Terkait peran Forum Anak sebagai pelopor, kata Yulia, adalah anak harus dapat terlibat aktif memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif, bermanfaat dan bisa menginspirasi banyak orang untuk ikut terlibat melakukan perubahan yang lebih baik lagi. Sedangkan yang dimaksud sebagai pelapor yaitu berarti terlibat aktif menyampaikan pendapat/pandangan ketika mengalami, melihat atau merasakan tidak terpenuhinya hak perlindungan anak di sekitarnya.

“Misalnya melaporkan kepada badan yang menangani permasalahan perlindungan anak seperti P2TP2A, Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA), dan lain sebagainya,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :