Sekretaris Dinkes Kota Depok, Ernawati. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id- Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dapat membantu menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kota Depok. Dengan program yang digulirkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) tersebut dapat mengetahui status kesehatan masyarakat terutama ibu hamil dengan pendataan.

Sekretaris Dinkes Kota Depok, Ernawati mengatakan, melalui Puskesmas di Kota Depok, tim kesehatan sudah ditugaskan untuk turun langsung mendatangi rumah warga. Langkah tersebut dilakukan oleh tim kesehatan untuk mendata kesehatan ibu hamil.

“Tim kami mengunjungi rumah-rumah untuk melakukan pendataan kesehatan ibu hamil demi menurunkan angka kematian ibu dan bayi,” katanya saat acara pertemuan Audit Maternal Perinatal (AMP) di aula lantai 5 Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah (HGA), Senin (24/09).

Dikatakan Ernawati, saat melakukan pendataan, tim kesehatan akan mencari sejumlah keluhan kesehatan masyarakat termasuk ibu hamil. Apabila permasalahan kesehatan ibu hamil membutuhkan penanganan yang lebih, maka akan dilakukan rujukan ke rumah sakit untuk dilakukan pengobatan.

“Kalau ada ibu hamil yang mengalami gangguan kesehatan dan berdampak pada calon bayinya akan segera dilakukan penanganan yang optimal,” ucapnya.

Ernawati menambahkan, dengan program pendataan diharapkan angka kematian ibu dan bayi dapat menurun. Tentunya, diperlukan juga dukungan dan sinergitas dari masyarakat untuk melakukan deteksi dini gangguan pada ibu hamil.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :