Sekretaris Dinkes Kota Depok, Ernawati Sulistijaningrum Sanjoto (Kedua dari kanan). (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok serius mengawal program unggulan Smart Healthy City. Program ini dilengkapi dengan aplikasi canggih, sehingga mempermudah masyarakat mengakses informasi dan pelayanan kesehatan secara online.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Ernawati Sulistijaningrum Sanjoto mengatakan, program Smart Healthy City diimplementasikan dengan peningkatan pelayanan kesehatan berbasis Teknologi. Di antaranya dengan membuat sejumlah aplikasi yang akan memberi kemudahan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Setidaknya ada 8 aplikasi yang sudah kami miliki untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik, berbasis teknologi informasi,” ujar Ernawati, di Balai Kota Depok, Senin (24/09/2018).

Dikatakannya kedelapan aplikasi itu antara lain Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus), Sistem Informasi Puskesmas terkoneksi dengan Primary Care BPJS Kesehatan (Bridging Simpus-P.Care), Aplikasi Sistem Informasi Pemetaan Profil Kesehatan Lingkungan (SIPP KLING), serta Sistem Informasi Kebugaran (Sibugar). Ada pula aplikasi yang dinamakan dengan Sistem Informasi Kota Depok Sehat (SiMpok Sehat), Sistem Informasi Pelaporan dan Keamanan Pangan (Sipnap), dan Sistem Informasi Mandiri dan Waspada Berbasis Masyarakat (Simawas).

Bahkan, imbuhnya, Saat ini Dinkes sedang mengembangkan pendaftaran online Puskesmas. Tujuannya memudahkan pasien Puskesmas untuk mendaftar dari rumah, mengurangi antrean. Serta memastikan pasien mendapatkan pelayanan sesuai hari yang dibutuhkan.

“Sekarang sudah masuk tahap finalisasi. Insya Allah, target kami akhir tahun ini selesai dan akan mulai dijalankan awal tahun depan,” tutupnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :