depok.go.id – Anak merupakan investasi bangsa yang sangat berharga di masa depan. Dalam proses tumbuh kembang anak, yaitu ketika usia 0-2 tahun merupakan periode emas bagi anak, karena pada periode tersebut terjadi pertumbuhan otak yang sangat pesat. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Noerzamantie Lies,  mengatakan pemberian makan yang optimal pada periode tersebut sangat penting untuk menunjang pertumbuhan otak. Dirinya menyarankan bagi ibu hamil agar mulai memikirkan asupan gizi dan makanan supaya pertumbuhan otak janin dalam kandungan dapat maksimal dan sesuai yang diharapkan.

“Dinkes telah berupaya untuk mewujudkan hal tersebut, di antaranya membina calon pengantin, melakukan pendampingan terhadap ibu hamil, bayi, anak, remaja sampai usia lanjut,” tutur Lies, belum lama ini.

Senada dengan itu, Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il, mengatakan memberikan gizi yang cukup saat hamil merupakan awal yang baik untuk memulai periode emas. Di samping itu, ibu juga wajib memberikan pendampingan saat pertumbuhan. 

“Semua itu penting diberikan untuk kesehatan dan organ otak, karena otak akan menentukan kapasitas dalam menyimpan daya ingat. Strateginya, saat hamil, ibu harus tenang jiwanya, cukup nutrisinya dan cukup perhatian suaminya,” imbau Nur Mahmudi.

Pemberian gizi dan nutrisi yang baik, bukan tidak mungkin akan lahir generasi emas yang sehat, cerdas, aktif dan unggul. Nur Mahmudi berharap, para calon pengantin dan calon ibu, mampu memahami pentingnya 1000 hari periode emas tumbuh kembang anak. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :