sumbang 1 juta ikandepok.go.id – Setelah diresmikannya Laboratorium Lele Laksa Bule di SMK Al Ma’mun Education Center (AMEC) oleh Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il kemarin. Rencananya, produksi perdana yang diperkirakan berjumlah 2 juta bibit lele sangkuriang akan disumbangkan kepada mitra sekolah tingkat SD, SMP, dan SMK di Jabodetabek sebanyak 1 juta bibit.

Hal ini di utarakan Ketua Yayasan AMEC, Ma’mun Ibnu Ridwan, kemarin (23/11/15). Dirinya mengatakan, bibit ini akan dibagikan kepada sekolah yang berminat dan memiliki sarana standar pembesaran ikan lele di lingkungan sekolah masing-masing.

“Sarana standar itu berupa kolam terpal atau kolam yang disemen minimal 1×3 meter persegi, ada pengelolaan dari OSIS dan biaya pakan sampai panen, serta mendapat persetujuan dari dinas pendidikan maupun yayasan,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, untuk mensosialisasikan program ini, Sekolah AMEC telah mengirimkan surat kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengimbau sekolah di Jabodetabek ikut serta membudidayakan ikan di lingkungan sekolah.

“Program 1 juta bibit ini, diharapkan dalam waktu 40-60 hari ke depan akan tersedia daging lele sebanyak 1 juta ons atau 1000 kuintal atau 100 ton daging dengan asumsi kegagalan 20%. Maka, pelajar akan menyumbang ketersediaan daging ikan 80 ton untuk kemandirian pangan bangsa,” tambahnya.

Adapun untuk menyukseskan program tersebut, secara simbolis telah diserahkan bibit ikan lele kepada 10 sekolah dari DKI Jakarta, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok, masing-masing 300 ikan lele atau patin.

Saat ini, laboratorium yang berdiri di atas lahan seluas 4500 m3 ini, dilengkapi empat kolam indukan seluas 1000 meter persegi dan  24 kolam penyortiran atau pembesaran sampai bibit siap dipasarkan. Rencananya akan ditambah kolam pemijahan patin, nila, dan ikan hias. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :