depok.go.id – Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad siang tadi menghadiri pemilihan film favorit dalam lomba film pendek yang diadakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok. Kegiatan nonton bersama tersebut diadakan di ruang teater Perpustakaan Kota Depok, Selasa (24/11/2015).

“Lomba film ini merupakan hal yang positif, karena merangsang sisi kreativitas anak sekolah untuk menyampaikan kampanye anti rokok,” ujar Idris.

Idris mengatakan bahwa Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang ada di tiap sekolah memiliki tiga pilar penting, salah satunya adalah pendidikan kesehatan. Melalui pembuatan film ini, merupakan salah satu implementasi pilar pendidikan kesehatan yang dilakukan oleh siswa.

“Film harus dapat dilihat pesannya, terlebih tema film yang harus dibuat sejalan dengan Perda kawasan tanpa rokok yang dimiliki oleh Depok,” ujar Idris.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kota Depok, Hidayat, mengatakan bahwa lomba film pendek ini merupakan salah satu kegiatan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada 12 November. Media film dipilih karena merupakan salah satu media yang dianggap dapat mempropaganda penontonnya untuk meninggalkan kebiasaan merokok dan memahami keberadaan KTR di Depok.

“Khusus untuk remaja, mereka pasti bosan kalau hanya menghadiri seminar tentang bahaya merokok. Maka kami memilih media yang disukai oleh remaja, maka kami memilih media film,” ujar Hidayat.

Hidayat mengatakan total ada 16 peserta yang mengikuti lomba ini, jumlah tersebut dikerucutkan menjadi 10 besar dan akan dipilih juara 1,2 dan 3. Selain tiga besar, dari 10 film tersebut akan juga dipilih film favorit yang akan dipilih melalui voting.

“Selain lomba film pendek, kami juga adakan lomba menciptakan lagu anti rokok yang finalnya akan dilangsungkan di balai kota pada 28 November nanti. Dua kegiatan ini merupakan upaya kami untuk merangkul anak muda dalam kampanye anti rokok,” tutupnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :