depok.go.id – Peringatan Hari AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember mendatang dijadikan momentum untuk melakukan kegiatan bakti sosial, seperti yang dilakukan Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat (PIKM) Depok di bawah binaan Komunitas Aksi Kemanusiaan Indonesia (KAKI) Foundation.

Rencananya, PIKM Depok yang juga melibatkan Paguyuban Terminal Depok (Panter) ini akan membagikan souvenir berupa bunga mawar, pin, pita hasil karya kader PIKM dan leaflet serta buku saku terkait AIDS. Souvenir ini akan diberikan kepada masyarakat umum yang melintas di Jalan Raya Margonda.

“Pada tanggal 1 Desember nanti kita akan kerahkan puluhan kader PIKM untuk turun ke jalan dan membagikan souvenir. Tujuannya adalah agar seluruh masyarakat Depok lebih mengenal dan mengetahui segala hal yang berhubungan dengan HIV/AIDS,” ujar Ramdani, salah seorang Community Organizer (CO) pada komunitas yang telah berdiri sejak 1997 itu.

Dia juga menambahkan, saat ini stigma negatif terhadap penderita HIV/AIDS masih saja terjadi. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat terkait penyakit yang belum ada obatnya itu.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengubah stigma dan diskriminasi terhadap penderita dan agar tidak ada lagi angka kematian maupun infeksi baru dari penyakit HIV/AIDS,” tuturnya.

Menurutnya, jika ingin memberantas HIV/AIDS sampai ke akarnya, maka diperlukan kebersamaan sebagai cara terbaik dalam menanggulangi masalah tersebut. Kegiatan utama akan dilaksanakan di Terminal Depok, dengan rangkaian kegiatan berupa pemeriksaan HIV/AIDS dan pemeriksaan kesehatan lainnya. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :