depok.go.id – Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) menggelar pelatihan Posyandu di aula Kantor Kelurahan Depok Jaya, Selasa (24/11/2015).

Sekretaris Pokjanal Posyandu Kecamatan Pancoran Mas, Siti Sukmawati, mengatakan bahwa pelatihan yang melibatkan para kader Posyandu dan Posbindu di Kecamatan Pancoran Mas ini dimaksud guna mengoptimalkan seluruh program yang ada, mengatur sumber daya manusia yang masih belum maksimal, serta memberikan pemahaman kepada seluruh kader bahwa indikator keberhasilan sebuah organisasi itu harus ada.

“Kami ingin para kader dapat lebih optimal dan menjadi lebih baik ke depannya, karena kalau kadernya baik, secara tidak langsung maka Posyandu atau Posbindunya juga akan baik dalam melayani masyarakat,” tutur wanita yang juga menjabat sebagai Sekretaris PKK di Kecamatan Pancoran Mas tersebut.

Pada pelatihan yang mengusung tema “Dengan Posyandu dan Posbindu yang Berkualitas Kita Siapkan Generasi Berencana yang Lebih Baik Sehat Sejahtera dan Mewujudkan Lansia yang Tangguh Sehat Sejahtera” ini berlangsung selama empat hari terhitung sejak 23 hingga 26 Oktober 2015. Pada hari pertama diberikan pelatihan kepada para kader Posbindu. Selanjutnya untuk hari kedua hingga terakhir pelatihan untuk kader Posyandu.

Adapun pelatihan yang diberikan kepada kader Posbindu antara lain mengenai kesehatan para lansia, pengetahuan mengenai kesehatan Lansia, serta pemahaman mengenai apa manfaat menimbang bagi kesehatan. Sementara pelatihan kepada kader Posyandu meliputi pengetahuan mengenai Balita, ibu hamil, kesehatan remaja, ibu menyusui, serta keluarga berencana.

“Pelatihan yang kami berikan kepada kader Posyandu cukup banyak, karena pada dasarnya Posyandu tidak hanya melulu mengenai Balita, melainkan juga informasi seputar ibu hamil dan keluarganya,” tutup Siti. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :