Wali Kota Depok Mohammad Idris (kiri) saat menyerahkan  Piala Bergilir MTQ Kota Depok kepada Kecamatan Cimanggis yang menjadi Juara Umum MTQ XIX Tingkat Kota Depok Tahun 2018 di lapangan AURI, Cimanggis, Jumat (23/11/18). (Foto: Bima/Diskominfo). 

depok.go.id- Kecamatan Cimanggis berhasil keluar sebagai juara umum pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIX tingkat Kota Depok yang diselenggarakan selama tiga hari sejak tanggal 21-23 November 2018. Juara umum tersebut merupakan kali kedua diraih oleh Cimanggis setalah pada MTQ tahun 2017 meraih predikat yang sama.

“Atas nama pemerintah, kami sangat berterima kasih serta mengapresiasi suksesnya penyelenggaraan MTQ 2018. MTQ tahun ini menjadi kebangkitan bagi para peserta karena kami merasa juara-juara terbaik hampir merata di seluruh kecamatan berbeda,” tutur Wali Kota Depok Mohammad Idris saat menutup acara MTQ XIX tingkat Kota Depok di Lapangan AURI, Cimanggis, Jumat malam (23/11).

Dirinya mengatakan, MTQ tidak hanya dijadikan sebagai ajang untuk unjuk kemampuan atau keahlian dari setiap kecamatan. Namun, menurutnya, acara tersebut perlu dijadikan sebagai momentum syiar agama.

“Harapan kami bahwa MTQ ini bukan sekedar adu kemampuan atau keahlian. Tetapi, menjadi momen syiar agama. Ini merupakan sebuah pernyataan komitmen warga Depok terhadap pedoman panduannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu Alquran dan inilah yang menjadi kebangaan bagi kita khususnya umat Islam,” katanya.

Di tempat yang sama, Camat Cimanggis Eman Hidayat mengapresiasi atas keberhasilan wilayahnya dalam mempertahankan juara umum di MTQ 2018. Dikatakannya, keberhasilan tersebut diraih berkat kerjasama semua pihak terkait dalam memberikan pembinaan kepada para peserta MTQ.

“Alhamdulillah, Kecamatan Cimanggis diberikan kesempatan untuk kembali meraih juara umum MTQ. Tentunya ini tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan oleh para alim ulama dan tokoh masyarakat disini dalam menciptakan qari dan qariah terbaik,” jelasnya.

Untuk diketahui selain juara umum, pada MTQ tahun ini, Kecamatan Sawangan berhasil meraih peringkat kedua, Kecamatan Cipayung peringkat ketiga, dan Kecamatan Cinere peringkat empat. Sementara itu, lomba pawai taaruf berhasil dimenangkan oleh Kecamatan Cipayung, kemudian diikuti Kecamatan Cimanggis pada peringkat kedua, Kecamatan Tapos peringkat ketiga, dan Kecamatan Sawangan peringkat keempat.

Penulis : Jose Marques
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :