Wali Kota Depok, Miohammad Idris saat membuka acara Kontes Musik Transportasi (K’MUTRANS) di aula Serbaguna, lantai 10, gedung Dibaleka II, Sabtu malam (24/11/18). (Foto: Jose/Diskominfo).

depok.go.id- Berbagai cara terus dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok dalam mensosialisasikan ketertiban berlalu lintas kepada masyarakat. Salah satunya melalui Kontes Musik Transportasi (K’Mutrans) yang digelar di aula Serbaguna, lantai 10, gedung Dibaleka II, Sabtu malam (24/11).

“Kontes musik ini merupakan upaya kita dalam mensosialisasikan ketertiban berlalu lintas melalui seni. Orang mungkin memiliki bertanya alasan Dishub masuk ke ranah seni. Ternyata pekerjaan lapangan tidak hanya dikerjakan dengan teknis dan strategi terkait masalah transportasi. Tetapi juga harus melalui pendekatan seni dan rasa,” tutur Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana kepada depok.go.id usai acara tersebut.

Dikatakannya, K’Mutrans diikuti oleh 14 tim yang berasal dari kalangan remaja berusia sekolah. Dimana, dalam kontes tersebut para peserta akan membawakan lagu berjudul Hati-hati yang diciptakan oleh musisi Koko Thole dengan aransemen sendiri.

“Mudah-mudahan setelah lomba ini, lagu tersebut bisa menjadi satu-satunya lagu propaganda untuk ketertiban berlalu lintas,” katanya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengapresiasi Dishub yang sudah menggelar acara tersebut. Menurutnya, tertib berlalu lintas mengajarkan masyarakat untuk berperilaku disiplin.

“Lalu lintas mengajarkan kita untuk disiplin. Makanya, dengan pendekatan sentuhan hati dan jiwa lewat lirik lagu ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kedisiplinan dalam berlalu lintas,” tutur Mohammad Idris.

Dirinya menuturkan, untuk pemenang lomba kontes tersebut, pihaknya ingin mengunakan hasil karyanya sebagai lagu propaganda tertib berlalu lintas. Hal itu agar dapat mengingatkan seluruh pengguna jalan supaya tetap disiplin berlalu lintas demi keselamatan diri dan orang lain.

“Kami berniat bagi yang juara, hasilnya akan direkam dan dipasang di setiap lampu merah di jalan protokol, sehingga bisa mengingatkan kita untuk tetap tertib berlalu lintas. Mudah-mudahan lewat cara ini juga sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan yang baik,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :