Retno Wijayanti

Ketua Forum Kota Layak Anak (KLA) Kota Depok, Retno Wijayanti. (Foto : Rysko/Diskominfo)

depok.go.id – Ketua Forum Kota Layak Anak (KLA) Kota Depok, Retno Wijayanti, mengatakan perlu adanya sinergitas yang baik antara pemerintah kota dengan masyarakat untuk melindungi anak-anak dari bahaya internet. Hal tersebut disampaikan Retno saat menjadi narasumber di kegiatan sosialisasi “Internet Sehat, Membentuk Karakter di Era Digital” di Graha Insan Cita, Rabu (23/12/2015).

“Terlebih Depok memiliki program Kota Layak Anak (KLA). Hal tersebut menuntut pemerintah untuk memiliki andil yang besar terhadap regulasi terkait konsumsi internet bagi anak,” ujar Retno.

Menurutnya program KLA merupakan program preventif yang bertujuan untuk melindungi anak dari hal negatif. Dalam hal ini juga harus ada pengelolaan potensi bakat anak dengan menciptakan kondisi yang nyaman dan juga masyarakat yang berperan dalam tumbuh kembang anak.

Terkait perlindungan anak dari bahaya internet, Depok saat ini sudah memiliki Perda No.3 Tahun 2015 yang mengatur tentang penyelenggaraan komunikasi dan informatika. Hal tersebut dikatakan Retno merupakan upaya penjagaan infrastruktur dari Pemkot terhadap bahaya internet, karena dalam Perda tersebut ada poin yang mengatur tentang keberadaan Warnet.

“Pemerintah berperan untuk membuat kebijakan yang mendukung KLA, sementara kebijakan tersebut juga harus disambut oleh masyarakat dengan antusias. Percuma regulasi dibuat, namun masyarakat bersikap acuh dan tidak mendukung,” ujarnya.

Peran masyarakat dalam membimbing anak-anak untuk menggunakan internet secara positif juga diperlukan, karena internet dapat diibaratkan bagai pisau bermata dua yang bisa menguntungkan, namun juga merugikan.

“Harus bisa memberikan contoh yang baik bagi anak-anak, selain itu juga harus mengenalkan internet pada saat usia anak sudah cukup misal saat memasuki usia SMP, namun juga perlu diberikan pengawasan,” tutupnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :