depok.go.id-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok meminta seluruh masyarakat Kota Depok untuk waspada terhadap potensi banjir dan longsor. Intensitas hujan yang diperkirakan terjadi hingga bulan Februari, juga diharapkan bisa diantisipasi warga dengan berbagai upaya pencegahan seperti tidak membuang sampah ke saluran.

“Masyarakat harus waspada, karena akan terjadi peningkatkan intensitas hujan sampai bulan Februari. Pahami lokasi yang berpotensi banjir atau pun longsor,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Manto, di ruang kerjanya, Jumat (25/01/19).

Dia menyebutkan, beberapa lokasi yang diprediksi akan mengalami genangan atau banjir adalah Perumahan Bukit Cengkeh dan Jalan Raya Taman Duta, Kecamatan Cimanggis serta Jalan Ridwan Rais, Kecamatan Beji. Sedangkan untuk titik rawan longsor antara lain sepanjang Jalan Tanah Baru, Kecamatan Beji dan sepanjang Jalan Raya Cipayung, Kecamatan Cipayung.

“Debit air saat ini sedang tinggi-tingginya. Jadi warga harus selalu waspada. Sambil Satuan Tugas (Satgas) kami juga rutin melakukan pemantauan, pemeliharaan, sampai pengangkatan sampah di jaring, saluran inlet atau pun outlet kali,” katanya.

Diakuinya, saat ini pihak DPUPR masih terus melakukan pendataan, di mana saja lokasi rawan banjir dan longsor. Terlebih, ada beberapa lokasi yang tidak terprediksi sebelumnya.

“Untuk lokasi depan terminal dan Jalan Arif Rahman Hakim (ARH) sempat dikhawatirkan banjir, namun saat ini sudah tertangani dan tidak banjir lagi. Ada beberapa wilayah yang tidak terprediksi, tetapi justru terjadi genangan. Kami mengimbau seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, untuk meminimalisir tersumbatnya saluran air,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :