pelatihan1Memberantas kemiskinan tidaklah mudah, harus secara bertahap dan butuh  beberapa proses yang dilalui. Salah satunya adalah langkah yang diambil Kepala Bidang Pelatihan, Produktifitas dan Penempatan Tenaga Kerja, Catur Sri Astuti pada Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok seperti program kerja yang akan dilakukan Disnakersos di lokasi Program Pembinaan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di RW 08 Kelurahan Curug, Bojongsari, pada Maret 2014 mendatang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat yang belum atau ingin bekerja, setidaknya mereka bisa berwirausaha dan menyediakan lapangan kerja untuk orang lain.

Acara yang rutin diadakan setahun sekali ini didanai oleh APBD dan akan berlangsung selama satu minggu sampai dua bulan tergantung bidang keahlian yang diajarkan. Disnakersos menyediakan kurang lebih 10 jenis pelatihan diantaranya menjahit, barber shop, memasak, sablon, mengemudi mobil, komputer, lampion, hantaran pengantin, otomotif, smart phone. Nantinya masyarakat dapat memilih bidang keahlian yang mereka suka.

Untuk menjadi peserta pelatihan ini, tidak ada syarat khusus yang diberikan pihak penyelenggara, hanya saja pihak terkait meminta agar calon peserta bersungguh sungguh dalam menjalani pelatihan. Untuk usia yang diperbolehkan mengikuti kegiatan ini sekitar 18  samapai 35 tahun. Penyelenggara menyediakan uang akomodasi, peralatan dan makan bagi peserta, selama pelatihan berlangsung dan jika salah satu peserta sudah mengikuti pelatihan ini di tahun sebelumnya maka pada tahun ini mereka tidak bisa lagi mengikuti pelatihan karena kuota yang terbatas.

Untuk setiap bidangnya, panitia hanya menyediakan daya tampung 25 orang dan tidak dipungut biaya sepeserpun dengan total kuota peserta yang ditampung sekitar 300 orang. “Kami tidak memberikan syarat khusus hanya saja usia yang dapat mengikuti pelatihan ini sekitar 18-35 tahun, mengingat usia yang ditetapkan termasuk usia produktif seseorang,” tutur Catur. Bagi warga Depok yang tertarik mengikuti pelatihan tersebut dapat datang langsung atau menghubungi Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok di Balaikota Depok Jalan Margonda Raya Nomor 54 Depok.

Senada dengan hal tersebut, Catur menambahkan setelah peserta mengikuti pelatihan akan mendapatkan sertifikat dan menyalurkan peserta untuk magang selama tujuh sampai sepuluh hari di berbagai perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan Disnakersos, kinerja peserta disini sangat dinilai dan jika sistem kerjanya sesuai dengan harapan perusahaan maka peserta akan direkrut menjadi pegawai.  (Diskominfo/ Nita)

pelatihan2

Bagikan post melalui :