donor-darah

Donor darah merupakan tindakan yang mulia karena sangat bermanfaat bagi orang lain. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin sekali mendonorkan darahnya. Terkait adanya syarat donor darah yang harus dipenuhi maka, dapat disimpulkan seseorang tersebut apakah dapat mendonorkan darah atau tidak.

Bagi yang memenuhi syarat donor darah, tentunya tidak masalah dan langsung dapat mendonorkan darah diantaranya seperti usia minimal 17 tahun, berat badan minimal 45 kg, tekanan darah normal, serta denyut nadi teratur.

Seseorang dikatakan tidak layak mendonorkan darahnya jika pernah menderita penyakit-penyakit kronis, ketergantungan narkoba dan jika tidak dianjurkan oleh dokter. Namun, ada satu hal yang mungkin banyak orang tidak tahu yaitu tiga hari sebelum mendonorkan darah, sang pendonor tidak diperbolehkan mengonsumsi obat apapun karena, nanti akan berakibat darah yang didonorkan akan basi atau tidak layak pakai.

Hal itu diutarakan Tjaja Koeswara, Wakil Ketua PMI Provinsi Jawa Barat, usai menghadiri peresmian Gedung PMI Cabang Depok, di Grand Depok City (GDC) Cilodong, Rabu (25/02/15).

“Obat apapun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi minimal tiga hari sebelum mendonorkan darah karena, akan merusak kandungan dari darah tersebut,” jelasnya.

Bagi relawan yang ingin mendonorkan darahnya, diharapkan memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. (Nita/Diskominfo)

Bagikan post melalui :