depok.go.id.Sebanyak tujuh siswa dari ekstrakurikuler jurnalistik SMP Islam Terpadu (SMPIT) Darul Abidin Depok berkesempatan mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok. Kunjungan tersebut, selain untuk mempelajari tugas dan fungsi jurnalis juga sekaligus melihat proses pembuatan berita dan editing video di ruang redaksi www.depok.go.id.

“Tujuan kita ke sini untuk menambah wawasan para siswa, khususnya di ekstrakurikuler jurnalistik agar mereka dapat mengetahui secara langsung tugas seorang jurnalis dalam menulis berita. Karena selama ini yang mereka peroleh di sekolah, sebagian besar adalah teori,” ujar Pembimbing Ekstrakurikuler Jurnalistik SMPIT Darul Abidin, Fitria Cakrawati kepada depok.go.id, usai kunjungan ke Kantor Diskominfo Depok di lantai 7, Gedung Dibaleka II, Senin (25/03/19).

Lebih lanjut, ucap Fita, sapannya, ekstrakurikuler jurnalistik baru diadakan di sekolah tersebut pada semester pertama tahun 2019. Untuk itu, para siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini perlu untuk terus ditingkatkan pengetahuannya. Tidak hanya teori, tetapi juga praktik.

“Mudah-mudahan dengan kunjungan ini dapat semakin memperkaya wawasan para siswa dalam bidang jurnalistik. Sehingga ke depan mereka bisa menjadi jurnalis yang memiliki integritas dan perilaku yang baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kota Depok, Nasrudin, menyambut baik atas kunjungan siswa SMPIT Darul Abidin. Dirinya pun berpesan kepada para siswa untuk terus meningkatkan pengetahuan, keahlian (skill), serta menjaga sikap karena tiga hal ini sebagai dasar menjadi seorang jurnalis.

“Dalam menjalankan profesi sebagai jurnalis harus sabar dan serius. Meskipun kita sudah memiliki dasar-dasar jurnalis, tetapi kalau tidak sabar dan serius juga tidak akan bisa,” ucapnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :