depok.go.id-Ketua Forum Keluarga Harmonis (FKH) Kota Depok, Elly Farida, menekankan pentingnya pelatihan pranikah bagi calon pengatin (catin) yang akan menikah. Melalui pendidikan pranikah, para calon pengantin atau yang sedang dalam masa persiapan menikah memiliki pemahaman tentang arti dari sebuah pernikahan.

“Lewat pelatihan, kita ingin para peserta memiliki bekal dan pemahaman tentang arti menikah yang sebenarnya, bukan hanya sekadar menikah. Tetapi, juga memiliki solusi bagaimana dalam menghadapi berbagai gelombang permasalahan dalam sebuah pernikahan,” tutur Elly Farida kepada depok.go.id, usai menghadiri kegiatan pelatihan pranikah di Kantor Kelurahan Cilodong, Selasa (25/06/2019).

Dikatakannya, pelatihan pranikah bisa memberikan manfaat bagi 52 pasang catin yang ikut pembekalan, karena peserta diajarkan banyak hal yang dapat mendukung suksesnya kehidupan rumah tangga. Angka perceraian pun diharapkan dapat diminimalisir dengan adanya pendidikan pranikah tersebut.

“Dengan mengikuti pendidikan pranikah, menumbuhkan kesadaran akan berbagai masalah potensial yang dapat terjadi setelah menikah. Disertai dengan informasi upaya efektif mencegah atau mengatasi masalah-masalah tersebut, hingga pada akhirnya tercipta pernikahan yang sakinah, mawadah, dan wa rahmah,” ujarnya.

Elly menambahkan, pendidikan pranikah juga sebagai upaya dalam mendukung program unggulan Kota Depok sebagai kota ketahanan keluarga. Dengan persiapan pernikahan yang matang, diharapkan dapat mencegah terjadinya perceraian.

“Intinya dalam menjalani kehidupan rumah tangga perlu juga saling mengerti, memahami dan melengkapi kekurangan masing-masing,” ucapnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :