Proses pembenihan ikan di BBI Kota Depok. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Untuk meningkatkan kompetensi petugas di bidang ikan hias, rencananya petugas Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok akan mendapat pelatihan dari Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH). Selain melibatkan petugas, pelatihan yang akan dimulai pekan depan juga akan mengikutsertakan masyarakat sebagai peserta.

“Kegiatan ini merupakan salah satu persiapan kami dalam menjalankan program budi daya ikan hias. Akan ada dua orang peserta dari BBI dan beberapa peserta dari kelompok budi daya ikan,” ujar Kepala BBI Kota Depok, M Nur Hidayat, di ruang kerjanya, Selasa (26/06/2019).

Nur menambahkan, Karena kegiatan akan diselingi praktik langsung, maka pelatihan akan dilaksanakan di BBI Kota Depok, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari. Saat ini, pihaknya juga sedang menunggu kesiapan sarana dan prasarana untuk menunjang pelatihan tersebut.

“Akuarium juga sedang kami siapkan. Jadi, ketika pelatihan rampung, sarananya juga bisa kita pakai untuk budi daya ikan hias,” katanya.

Adapun jenis ikan yang akan dibudidayakan adalah ikan air tawar yang merupakan hasil penelitian pihak balai.

“Ikan hias merupakan ikan alam yang mulai langka seperti rainbow dari Papua, botia dari Jambi, balasak dari Sumatera, ikan neon tetra dan cupang alam. Mudah-mudahan uji coba ini berhasil, sehingga kami bisa memasok indukan maupun benih untuk pembudidaya,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :