Keberadaan sampah organik seperti sayuran dan sisa makanan yang biasanya hanya diolah menjadi kompos, kini bisa dimanfaatkan juga menjadi pakan ikan. Bahkan, agar bisa memberikan kesejahteraan bagi peternak dan petugas Unit Pengolahan Sampah (UPS), Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, melatihnya mengolah sampah tersebut menjadi pakan ikan bernilai ekonomis.

“Selama ini, sampah organik di UPS hanya dijadikan sebatas pupuk organik. Kami di sini ingin meningkatkan pengetahuan tenaga di UPS, agar sampah tersebut juga bisa diolah menjadi pakan ikan, baik untuk ikan hias maupun ikan konsumsi,” ujar Kepala Bidang Perikanan DKPPP Kota Depok, Ita Wilda, Rabu (25/07/18).

Pelatihan tersebut dihadiri 45 peserta dari Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dan petugas UPS, bekerja sama dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Budi Daya Ikan Hias Kota Depok. Pelatihan juga dibarengi dengan praktik langsung di lapangan, agar peserta lebih menguasai materi.

“Nantinya setelah kegiatan ini, kami akan memberikan pendampingan lebih lanjut. Beberapa materi yang disampaikan seperti pembuatan pakan alami dari sampah organik, pembuatan maggot dan pembuatan pelet,” terangnya.

Sementara itu, petani ikan hias asal Bojongsari, Roju mengaku, antusias dengan kegiatan pelatihan tersebut. Pelatihan yang menghadirkan narasumber dari Balai Riset Budi Daya Ikan Hias itu, memberi kesempatan dirinya untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan melalui tanya jawab.

“Melalui pelatihan ini, saya berharap tenaga UPS maupun Pokdakan bisa menyerap ilmu yang bermanfaat dan mengaplikasikannya. Kalau ditekuni, kegiatan ini bisa menjadi mata pencarian baru yang bisa menambah pendapatan,” tutupnya.

 

 

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Bagikan post melalui :